Mau Lolos Jadi Caleg Pemilu 2019?, Ini Syaratnya

Pemilu 2019

BEKASI, POSBEKASI.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, mengatakan syarat wajib pendaftaran bakal calon legislator adalah tanda tangan ketua dan sekretaris partai untuk setiap tingkatan, dan dokumen administrasi lainnya.

Para bakal calon legislatif di Pemilu 2019, diminta agar mengisi daftar dari aplikasi yang baru saja di launching KPU RI yaitu, Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dengan batas pengisian 30 hari sebelum pendaftaran ditutup.

“Calon legislator DPR ditandatangani ketua dan sekretaris DPP partai, provinsi ditandatangani pimpinan wilayah, atau sesuai tingkatan,” ujarnya.

KLIK : KPU Minta Stakeholder Sosialisasi Pilkada Serentak

Menurut dia, nantinya bakal ada ratusan calon legislator  yang bakal mengikuti Pemilu 2019. Dengan adanya Silon ini, penyelenggara bisa mencegah adanya data ganda peserta pemilu. Sebab, orang yang telah mendaftar dari partai tertentu, tidak bisa lagi mendaftar ke partai lain.

Penerapan Silon ini juga diharapkan bisa membangun kepercayaan publik terhadap pemilu. Alasannya, masyarakat bisa melihat langsung biodata dan rekam jejam peserta pemilu tahun depan. “Dari profil keluarga, pendidikan sampai organisasi akan ada di Silon,” ujarnya.

KPU berharap partai politik bisa mensosialisasikan kembali Silon kepada bakal calon legislator yang akan maju Pemilu 2019 di setiap wilayah. “Jangan sampai pas pendaftaran dimulai pada 4 Juli, peserta pemilu tidak mengisi Silon,” tamdasnya.[REL/ISH/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *