Kartini Zaman Now Harus Mampu Menempatkan Diri dengan Kemampuan Sendiri

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari menjadi narasumber Peringatan Hari Kartini Dharma Wanita Persatuan Sekretariat DPRD Jabar, Jumat 20 April 2018.[IST]

BANDUNG, POSBEKASI.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari menyebut peringatan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April merupakan momentum untuk refleksikan nilai-nilai kepribadian Kartini bagi kaum perempuan.

Menurutnya, selain sebagai sosok perempuan hebat yang pernah dimiliki oleh bangsa ini, semangat juang RA Kartini harus dimiliki oleh seluruh perempuan di Indonesia.

Ineu menilai perjuangan RA Kartini pada masanya sangat luar biasa berkat perjuangannya, saat ini kaum perempuan di Indonesia bisa berkiprah dan setara dengan kaum pria terutama dalam hal aktualisasi diri.

“Berkat perjuangan RA Kartini, perempuan di Indonesia bisa mengaktualiasi diri sehingga memiliki hak yang sama dengan kaum pria,” ungkap Ineu saat bertindak sebagai narasumber pada Peringatan Hari Kartini Dharma Wanita Persatuan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat, Jumat 20 April 2018.

Dalam kesempatan tersebut Ineu menjelaskan,  bahwa saat ini hak-hak perempuan telah diakui dan dijamin oleh undang-undang serta perempuan memiliki kesempatan yang sama di berbagai bidang atau sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.

KLIK : Komisi V DPRD Jabar Dorong Peningkatkan Kualitas Kesehatan

Selain itu ,dengan luasnya peluang untuk maju mengembangkan diri dan ikut bersaing dengan kaum pria untuk meraih kedudukan yang baik di masyarakat. Perempuan saat ini mampu membebaskan diri dari keterkurungan, kebodohan dan sistem masyarakat yang dulu kerap dianggap kaku.

Masyarakat kini mulai menerima dengan terbuka peranan dan keterlibatan kaum perempuan di berbagai bidang. Hal tersebut menurut Ineu terbukti dengan banyaknya kaum perempuan menduduki jabatan publik yang strategis, baik di birokrasi maupun legislatif.

Sebagai salah satu sosok perempuan yang berkiprah di bidang legislatif, Ineu mengatakan tantangan yang kini dihadapi oleh perempuan parlemen semakin kompleks. Dengan kemajuan teknologi dan perubahan sosial yanng terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini, kartini zaman now harus mampu menempatkan dirinya sesuai dengan apa yang menjadi kemampuannya.

“Perempuan-perempuan DPRD harus melakukan perannya sesuai kemampuannya, ini sebagai wujud perjuangan untuk berkontribusi terkait penangan dan solusi terkait permasalahan di Jawa Barat” kata Ineu.

Lebih lanjut Ineu menambahkan, implementasi dari tugas dan fungsi wakil rakyat dapat dilakuakan baik dalam bentuk keberpihakan anggaran, kebijakan, dan pengawasan yang dilakukan secara intens dilakukan untuk mewujudkan masa depan kaum perempuan Jawa Barat yang lebih baik.

“Ini sebagai upaya untuk mewujudkan masa depan anak dan perempuan yang lebih baik lagi” jelas Ineu.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Sekretariat DPRD Jabar Miraseti Daud Achmad padaP eringatan Hari Kartini Dharma Wanita Persatuan Sekretariat DPRD Jabar, Jumat 20 April 2018.[IST]

Sementara itu Ketua Dharma Wanita Persatuan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat Miraseti Daud Achmad mengatakan, adapaun peringatan hari kartini yang digagas oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretarian DPRD Provinsi Jawa Barat saat ini beranglat dari inspirasi, dan kreatifitas kaum perempuan.

Ia pun menyebut semangat kesetaraaan gender bukan dalam pengertian perempuan dan lelaki harus sama dalam sendi-sendi kehidupan.

“Tetapi bagaimana seorang perempuan bisa menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuannya” katanya.

Adapun tujuan dari peringatan hari kartini saat ini adalah sebagai pembuktian kaum perempuan , bahwa perempuan mampu berkreasi dan berinovasi.

“Bahwa di zaman sekarang wanita bisa dan mampu berkreasi, karena berkreasi dan berinovasi bisa dilakukan oleh siapa saja” pungkasnya.[REL/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *