posbekasi.com

Ratusan Praja IPDN Kukerta di Kabupaten Bekasi

Praja IPDN melaksanakan Kukerta di Kabupaten Bekasi.[IST]
CIKARANG, POSBEKASI.COM –  215 Praja dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinagor, Kabuaten Bandung, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kunkerta), di Kabupaten Bekasi.

Terdiri dari 115 Praja pria, dan 100 Praja wanita itu Kunkerta merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menempatkan praja IPDN untuk hidup di tengah masyarakat. Kunkerta merupakan praktek lapangan tingkat akhir wasana praja S1 (Sarjana) setelah praja melaksanakan PL I, PL II, PL III dan magang/penelitian, mengabdikan diri di masyarakat dalam rangka meningkatkan potensi serta meningkatkan permasalahan publik.

Mengusung tema “Penguatan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Kabupaten Bekasi”.

“Para praja di tuntut untuk bisa mengaplikasikan semua ilmu nya dengan bentuk pengabdian turun langsung ke tengah masyarakat, bahkan praja bisa membuat peta persoalan dan solusi permasalahan publik di tempat yang di kunjungi selama Kunkerta,” kata Dekan Fakultas Politik IPDN, Ismail Nurdin, mewakili Rektor IPDN di sela-sela penerimaan Kunkerta IPDN di Gedung Wibawamukti, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Senin 16 April 2018.

KLIK : Aher Raih Bintang Astha Brata Utama Pamong Praja

Pemilihan Kabupaten Bekasi kata Ismail, dikarenakan Kabupaten Bekasi salah satu wilayah pesisir pantai yang berada di jalur pantai utara (Pantura), yang memiliki karakteristik, permasalahan dan dinamika sosial tersendiri sekaligus sebagai wilayah yangn menjadi penyanggah ibukota negara.

Waktu pelaksanaan Kunkerta mulai 10 april hingga 9 mei 2018, adapun wilayah yang menjadi tujuan Kunkerta, beber Ismail, ada sebanyak 16 desa dengan 4 kecamatan se Kabupaten Bekasi. Dalam Kunkerta tersebut dibagi dalam beberapa Prodi diantaranya Program Prodi Pemerintahan Desa dan Prodi Manajemen Pemerintahan.

Sementara, Asisten Daerah I (Asda I), Carwinda yang mewakili Pemerintah Kabupaten Bekasi mengatakan sangat mengapresiasi program Kunkerta IPDN yang dilaksanakan di beberapa kecamatan dan beberapa desa yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi selama 1 bulan kedepan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bekasi, kami mengapresiasi program Kunkerta IPDN yang dilaksanakan di Kabupaten Bekasi. Semoga hasil pembelajaran praja dilapangan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Bekasi,” tutupnya.[DIN/POB3]

BEKASI TOP