KPU Siapkan Pendamping Disabilitas di TPS

Penyandang distabilitas memilih.[IST]

BEKASI, POSBEKASI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi memastikan, akan memasilitasi seluruh warga Kota Bekasi mendapatkan hak pilihnya dengan baik, tanpa terkecuali bagi warga penyandang disabilitas.

Komisioner KPU Kota Bekasi divisi Sosialisasi dan SDM Nurul Sumarheni mengatakan, KPU Kota Bekasi akan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mudah di jangkau. Sehingga, bagi warga disabilitas bida mudah menggunakan hak suaranya.

KLIK : KPU Kota Bekasi Minta Warga Tak Tergoda Politik Uang

“Sesuai arahan KPU pusat seluruh TPS wajib di bangun diatas permukaan tanah yang rata,  untuk bisa dilalui penyandang disabilitas  dngan kursi roda, ” ujar Nurul, Selasa 17 April 2018.

Dengan demikian, kata Nurul, kewajiban ini tidak terkecuali untuk TPS yang memang tidak ada penyandang disabilitas. Sebab, bisa saja ada penyandang disabilitas pindah TPS dari tempatnya memilih ke TPS lain. “Jadi, tidak ada pengecualian, seluruh TPS di Kota Bekasi harus dibangun di permukaan yang rata,” tegas Nurul.

Lebih jauh diakui Nurul, guna memastikan para penyandang disabilitas ini terlayani dengan baik nantinya, disetiap TPS juga akan disiapkan petugas pendamping untuk memandu mereka menggunakan hak pilihnya, tapi dilarang mempengaruhi pilihannya.

KLIK : Hindari Golput, KPU Kota Bekasi Fasilitasi Pemilih Pasien Rumah Sakit

“Dan diperbolehkan juga, kalau memang memiliki pendamping sendiri dari keluarganya bahkan, oranglain yang tidak memiliki hubungan keluarga asalkan dengan syarat memiliki formulir C3, tapi tetap dilarang mempengaruhi suara,” terang Nurul.

Seperti diketahui juga, ada langkah lain yang disiapkan KPU dalam melayani pemilih penyandang disabilitas khususnya, bagi tunanetra yakni, dengan menyiapkan surat suara khusus sehingga mereka pun bisa menggunakan hak suaranya.

“Kami harapkan, dengan langkah yang sudah dilakukan KPU ini masyarakat khususnya, penyandang disabilitas dapat menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS. Jadi, ayo datang ke TPS dan gunakan hak pilih anda, Jangan sampai Golput,” tutup Nurul.[MET/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *