posbekasi.com

KPAI: Keluarga Benteng Utama Persekusi dan Kekerasan Anak

Ilustrasi

BEKASI, POSBEKASI.COM – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Bekasi menyebut keluarga sebagai benteng utama untuk memiimalisir terjadinya persekusi dan kekerasan terhadap anak di bawah umur.

Wakill Ketua KPAI Kota Bekasi Rury Arief Rianto mengungkapkan, perhatian dan kepedulian terhadap anak harus diberikan. Ketika ada perubahan misalnya anak yang ceria kemudian menjadi pendiam.

“Usahakan agar anak bisa terbuka, agar anak juga tidak takut untuk bercerita,” kata Rury, Jumat 13 April 2018.

Perhatian kepada buah hati menjadi penting agar sikap mereka bisa lebih terpantau dan tidak timbul adanya kenakalan hingga kriminal. Kenakalan hingga kriminalitas ini pula yang kemudian bisa menjadi pemicu terjadinya persekusi di tengah masyarakat.

KLIK : Satu Pelaku Persekusi Dua Bocah Ditelanjangi Ditangkap, Dua Pelaku Lagi Diburu Polisi

Dia juga mengungkapkan, penetrasi dalam sosialisasi kepada masyarakat juga harus dilakukan, sehingga ketika ada masalah yang menimpa korban pihak keluarga mau memberikan pelaporan.

“Penyadaran masyarakat yang harus kita bangun agar mereka tidak takut untuk melapor,” imbuhnya.

KPAI Kota Bekasi bekerjasama dengan pihak pemerintah dan kepolisian agar Kota Bekasi sebagai Layak anak benar-benar dapat diwujudkan.

KLIK : Anak Balok Kepala Bapak Kandungnya

Menurutnya, apabila ada laporan yang meningkat dari masyarakat hal ini bukan berarti tingkat persekusi maupun kekerasan terhadap anak meningkat. Tetapi ini menjadi bukti berhasilnya sosialisasi dan penyadaran masyarakat.

Tindak lanjutnya kemudian, kata dia, yakni mengenai proses hukum kepada pelaku dan trauma healing kepada korban.

“Jadi bukan berarti laporannya banyak berarti tinggi tingkat kekerasan kepada anak, tetapi ini artinya masyarakat mulai sadar dan berani untuk melaporkan adanya tindak kejahatan,” ujarnya.[REL/ISH/POB]

BEKASI TOP