posbekasi.com

Komisi I DPRD Jabar Dorong Penguatan Ekonomi Masyarakat Garut

Kegiatan sosialisasi UU No 8 /1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Penguatan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Garut.[IST]
posBEKASI.com, GARUT – Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat H.Syahrir,SE, dorong penguatan perekonomian di Kabupaten Garut melalui sosialisasi UU No 8 /1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Penguatan Ekonomi Masyarakat.

Acra yang digelar LPKSM Mitra Intan Mandiri dengan dukungan penuh Komisi I DPRD Jabar dengan pemateri dari Bakesbangpol Jabar, Disperindag Kabupaten Garut, Kepolisian, dihadiri 400 orang peserta, Selasa 20 Maret 2018.

Ketua Panitia sosialisasi UU No 8 /1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Penguatan Ekonomi Masyarakat, Hilman Yudiswara, menilai pembangunan Nasional mengisyaratkan peningkatan ekonomi masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.

“Hal ini guna mendongkrak daya saing pasar bebas hasil produksi lokal sesui potensi disetiap daerah sehingga tidak terkalahkan dengan barang import, namun juga para pengusaha tidak boleh mengindahkan hak-hak daripada konsumen seperti diatur dalam UU No 8/1999,” kata Hilman.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemkab Garut pada masa jabatan Rudy Gunawan – Helmi Budiman melakukan pembangunan secara tepat.

“Tujuan pembangunan nasional sebenarnya sedah tepat, sesuai dan semua harus sepakat bahwa sanya pemerintahan ini sudah menjalankan salah satu amanah UU No 8/1999,” katanya.

Hal ini dikarenakan fakta pembangunan pasar tardisional yang tadinya kumuh, becek, dan jelek, kini beberapa pasar diberbagai kecamatan berkamuflase menjadi pasnar tradisional yang nyaman, bersih, bagus, bahkan seperti Mall.

“Padahal ada di Garut tapi pasar-pasar seperti Wanaraja, Semarang, namun harganya tetap murah dan terjangkau oleh masyarakat,” terangnya.

Pembangunan ini juga menandakan Pemkab berupaya keras untuk memajukan perokonomian daerah untuk kesejahteraan masyarakatnya hingga mempasilitasi pelaku usaha dengan konsumennya di pasar tradisional dengan baik.

“Untuk itu, mari kita dukung dan lanjutkan prestasi yang sudah dilakukan oleh Pemkab Garut,” katanya.

Kepemimpinan Rudy Gunawan banyak membawa kesejahteraan warga dimna sangat Garut juga terkenal dengan produksi makanan khas Garut di antaranta dodol garut yang terkenal hingga ke luar negeri.

“Mari kita budayakan untuk mendorong makanan khas Garut yang berstandar sehat ini, dan semua pihak dapat bahu membahu saling membantu agar tetap terjaga ke khasan Garut sebagai salah satu makanan yang mendunia,” harapnya.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir menyambut baik sosialisasi keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

“Di zaman now ini informasi begitu cepat sampai ke desa-desa, karena itu publik juga harus bisa memilah-milah informasi yang baik dan positif agar pembangunan khususunya di Garut dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat,” tutur Syahrir.[YAN/POB]

BEKASI TOP