Jabar Caang Raih MURI

Gubernur Jabar Ahmad Heryawanmenerima penghargaan MURI dalm program Jabr Caang.[IST]

posBEKASI.com, GARUT – Program Jabar Caang yang digagas Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Aher dinilai berhasil mengaliri listrik rumah tidak mampu lebih dari 300 ribu rumah sejak 2008. Selama 10 tahun Jabar dinilai berhasil mengaliri listrik rumahan terbanyak. Penyerahan piagam Muri itu dilakukan di sela-sela acara peresmian program Jabar Caang 2018 di Desa Sukalilah Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut, Rabu (7/3/2018).

“Ya, syukur alhamdulillah kalau upaya kita ada yang mengapresiasi, tapi niat Saya dari awal program ini bukan dengam tujuan mendapat penghargaan apalagi dari MURI,” ujar Aher usai menerima piagam MURI.

Menurutnya program Jabar Caang yang digulirkan sejak 2008 itu murni sebagai upaya menerangi warga Jabar yang tidak mampu memasang listrik.

“Belum terpasangnya listrik itu pertama karena memang daerahnya terpencil sehingga ada kesulitan bagi PLN untuk memasang jaringan ke sana, atau ada pula karena warganya memang tidak mampu memasang listrik. Nah itulah kemudian yang kita bantu. Kita kerjasama dengan PLN,” papar Aher.

Sejak program Jabar Caang digulirkan 2008 lalu, hingga kini ratio elektrifikasi Jabar sudah mencapai 99.87%.

“Insya Alloh sisanya yang tinggal 0.13 persen lagi kita selesaikan paling lambat awal 2019,” ujarnya.[REL/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.