Gubernur Aher: Kopi Instrumen Menyelesaikan Banyak Masalah

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Mensos Idrus Marham menikmati kopi di Gedung Negara Pakuan, Kamis 1 Maret 2018.[IST]

posBEKASI.com BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyatakan kopi menjadi salah satu instrumen menyelesaikan banyak masalah, salah satunya permasalahan konservasi hutan serta bisa mengentaskan kemiskinan.

“Masalah yang terselesaikan oleh kopi adalah masalah konservasi hutan, karena kopi tanaman konservasi yang bisa mengganti sayuran-sayuran tanaman semusim,” ucap Gubernur di Gedung Negara Pakuan, Kamis 1 Maret 2018.

Menurut Gubernur, kopi juga bisa membantu dalam mengentaskan kemiskinan karena harga kopi saat ini sangat tinggi ketika sudah masuk pasar internasional sehingga mampu membantu meningkatkan pendapatan para petani.

“Yang namanya beras kopi yang dikeringkan sebelum di goreng tanpa minyak dulu hanya Rp10.000-Rp20.000 sekarang paling murah bisa mencapai Rp100.000 bahkan ada yang mencapai Rp400.000,” ucapnya.

Dengan begitu menurut Gubernur, kesejahteraan para petani menjadi lebih baik dan masyarakat sekarang lebih bergairah kembali untuk menanam dan berbisnis di sektor tanaman kopi.

“Masyarakat yang ingin menanam kopi tapi tidak memiliki lahan bisa bekerjasama dengan Perhutani sehingga bisa menyelesaikan masalah kemiskinan,” tuturnya.[RL/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *