posbekasi.com

Ini Parpol Tak Lolos Pemilu di Kota Bekasi

Kantor KPU Kota Beksi.[DOK]
POSBEKASI.COM, BEKASI TIMUR – Dua partai politik (Parpol) calon peserta pemilu 2019 dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi. Predikat ini merupakan hasil verifikasi faktual yang dilakukan pada beberapa partai baru, yakni Partai Garuda dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Berdasarkan hasil verifikasi faktual pada Jumat 12 Januari 2018, Partai Berkarya dinyatakan lolos atau memenuhi syarat (MS). Sedangkan, partai Garuda dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Jadi, partai Garuda setelah kita lakukan proses verifikasi faktual sampai malam kemarin, dinyatakan TMS. Selain itu, sesuai putusan Bawaslu RI pun mereka dianggap tidak lolos atau TMS. Tapi mereka masih diberikan kesempatan untuk perbaikan sampai, pada 26 Januari 2018,” jelas Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Hukum, Yayah Nahdiyah, dikutip dari laman kpukotabekasi, Senin 15 Januari 2018.

KPU Kota Bekasi mengakhiri proses tahapan verifikasi faktual kepada Partai Berkarya dan Garuda, pada Kamis 11 Januari 2018 malam. Adapun, tahapan yang dilakukan adalah mengecek keanggotaan dari kedua partai yang belum sempat dihadirkan sebelumnya.

“Verifikasi faktual untuk kedua partai itu merupakan agenda lanjutan, dengan meminta Parpol mengumpulkan anggota yabg tidak bisa ditemui. Dan tahapan ini sesuai dengan PKPU nomor 11 tahun 2017,” ungkap Yayah.

Dalam hal ini, KPU mendapati dari sekitar 160 anggota partai Garuda hanya 14 yang memenuhi syarat sedangkan, 109 belum memenuhi syarat. Padahal, syarat pemenuhan haruslah 100 anggota.

Sementara itu sebelumnya, KPU Kota Bekasi juga telah melakukan proses verifikasi faktual terhadap dua partai baru lainnya diantaranya, partai Perindo dan partai PSI, pada 4 Januari 2018 lalu.

Hasilnya, KPU menyatakan partai Perindo lolos atau memenuhi syarat (MS), sementara PSI tidak memenuhi syarat (TMS). Sama halnya dengan partai Garuda, mereka pun diminta melakukan perbaikan sejak raport diterima yakni, mulai dari tanggal 7 – 20 Januari 2018.[POS]

BEKASI TOP