Penderita TBC Masih Tinggi di Kota Bekasi

Ilustrasi

POSBEKASI.COM, BEKASI – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto Saidi, mengatakan terjadi penurunan penderita tuberculosis (TBC) namun jumlah penyakit menular tersebut masih tergolong tinggi.

“Penyakit dari kuman mycobacterium tuberculosis ini patut diwaspadai, selain bisa mengakibatkan kematian, proses pengobatan terhadap penyakit ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama hingga setahun lebih,” kata Kusnanto, Kamis 28 Desember 2017.

Dikatakannya, tahun 2015 jumlah penderita TBC mencapai 12.831 orang, sedangkan tahun 2016 mencapai 11.960 orang.

“Harus ada kepatuhan pasien dalam mengonsumsi obat. Kalau tidak, pasien harus mengulangi pengobatan dari awal,” katanya.

Kusnanto mengatakan, progres penyembuhan penderita penyakit TBC mengalami progres yang cukup baik. Di tahun 2015, penyembuhan pasien terhadap penyakit TBC mencapai 74 persen dari target 85 persen, dan pada 2016, penyembuhan penyakit TBC sebanyak 84 persen dari terget penyembuhan 85 persen.

“Meski, suspect kasus TBC cukup banyak namun progres penyembuhannya pun cukup baik. Progres penyembuhan penyakit TBC karena petugas rutin mengingatkan pasien untuk selalu mengonsumsi obatnya,” tambahnya.[ISH]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *