UKM Bekasi Perlu Dukungan Pemkab

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi.[IST]

POSBEKASI.COM, KEDUNGWARINGIN – Penggerak PKK Kecamatan Kedung Waringin, Betty, menilai produksi makanan dari usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Bekasi sampai saat ini sudah cukup baik. Namun masih diperlukan fasilitasi Pemerintah Daerah untuk membuat sentra oleh-oleh.

“Secara umum, Kabupaten Bekasi punya berbagai macam produk UMKM, seperti mobilan kayu, souvner kayu, telor asin, presto patin, bandeng, semur gabus, opak gambir, dan masih banyak lagi yang sudah bersaing dengan daerah lain di Indonesia,” kata Betty, Kamis Kamis 9 Nopember 2017.

Dikatakannya, potensi yang kita punya ini sudah bagus banget dan jangan disia-siakan, butuh dukungan penuh dari Dinas Koperas dan UMK, Dinas Pariwisata, dan Dinas terkait lainya untuk mempromosikan, dan memasarkannya,’ tambhanya.

Meski hasil produksi sudah bagus, menurut dia, harus didukung dengan kemasan yang bagus dan pemasaran yang tepat. Disitulah peran dari Pemerintah Daerah khususnya Dinas Koperasi dan UMKM turun tangan.

Disisi lain, kata istri dari Camat Kedung Waringin ini, dengan disediakan gerai pusat oleh-oleh Pemda Kabupaten Bekasi tentunya bisa meningkatkan produksi.

“Kita punya potensi seharusnya bikin gerai, gak perlu bangun gedung, cukup sewa bangunan aja dulu untuk menampung semua hasil produksi UMKM. Agar pemasaran bisa lebih bagus lagi,” jelasnya.

Pemerintah daerah juga harus mengimbau tamu kedinaasan agar menginap dan membeli oleh-oleh di Pusat oleh-oleh Kabupaten Bekasi.

“Bisa saja diberi nama Bekasi Food Centre, atau Cikarang Food City, dimana travelnya harus kita kasih tau untuk bawa rombongan ke sentra oleh-oleh Kabupaten Bekasi,” katanya.[REL]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *