Syaikhu Sampaikan 7 Isu Strategis RPJMD Kota Bekasi 2013 – 2018

Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaiku, paparkan 7 isu strategis RPJMD Kota Bekasi 2013 – 2018 pada evaluasi dari Kemenpan terkait pelaksanaan SAKIP, di Gedung Sate Bandung, Selasa19 September 2017.[IST]

POSBEKASI.COM, BEKASI –  14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Bekasi yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Bekasi, H. Ahmad Syaiku, melakukan evaluasi dari Kemenpan terkait pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di ruang rapat Biro Organisasi, Gedung Sate, Jalan Diponegoro No.22 Bandung,  Jawa Barat, Selasa19 September 2017.

Pada kegiatan tersebut selain diikuti para Kepala dari 14 OPD Pemerintah Kota Bekasi seperti Inspektorat, Kepala BKPPD, Kepala BPKAD, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Disdukcapil, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Disdagperin, Kepala Diskop UKM, Kepala Dinas PUPR, Kepala Distanikan dan Kepala Disparbud, turut hadir pula perwakilan dari Kemenpan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Acara yang berlangsung tanya jawab antara Tim Pemerintah Kota Bekasi dengan perwakilan dari Kemenpan, H. Ahmad Syaikhu sebelum memberikan pemaparannya menyampaikan bahwa “Pemerintah Kota Bekasi sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mewujudkan visi Kota Bekasi yang Maju, Sejahtera dan Ihsan”.

Dalam pemaparannya, H. Ahmad Syaikhu menyampaikan 7 isu strategis RPJMD Kota Bekasi tahun 2013-2018, pertama adalah tata kelola pemerintahan dan kinerja pelayanan publik, kedua kapasitas pendanaan pembangunan daerah, ketiga tata kota, kualitas pemukiman dan lingkungan hidup, keempat transportasi murah, cepat, aman dan nyaman, kelima kinerja layanan pendidikan kesehatan dan layanan sosial lain, keenam aktifitas perekonomian dan daya saing daerah serta yang ketujuh pemberdayaan masyarakat dan keamanan ketertiban.

7 isu strategis yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Bekasi adalah tata kelola pemerintahan dan kinerja pelayanan publik yang mana hal ini akan menjadi pembahasan dalam pertimbangan penilaian SAKIP, terang H. Ahmad Syaikhu

Selanjutnya, ia juga menjelaskan terkait upaya Pemerintah Kota Bekasi bahwa Inspektorat Pemerintah Kota Bekasi juga sudah melakukan evaluasi LAKIP SKPD tahun 2016 yang pada akhirnya tindak lanjut rekomendasi setelah mendapatkan Asistensi penajaman SAKIP dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) khususnya untuk peningkatan nilai SAKIP bagi 14 Perangkat Daerah di Kota Bekasi,” imbuhnya.

Ahmad Syaikhu juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Kemenpan RB atas asistensinya yang diberikan sehingga dapat menjadi suatu bimbingan terhadap rekan-rekan seluruh OPD Pemerintah Kota Bekasi dalam upaya perbaikan untuk ke depannya.

Oleh karena itu, ia berharap Kota Bekasi bisa menaikan nilai SAKIP dari tahun sebelumnya menjadi nilai B atau bahkan naik dua tingkat menjadi A, tutur H. Ahmad Syaikhu.[adv/humas]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *