Wow, Jalan Dewi Sartika Diubah Jadi Jalan Dewi Persik, Pemko Bekasi Protes Google

Google Maps atas perubahan Jalan Dewi Sartika menjadi Jalan Dewi Persik.[screenshot]

POSBEKASI.COM, BEKASI – Kepala Diskominfo Kota Bekasi, Titi Masrifahati, menyatakan pihakanya protes dengan melayangkan surat ke operator Google terkait perubahan nama jalan, yakni Jalan Dewi Sartika berubah menjadi Jalan Dewi Persik.

Perubahan jalan Pahlawan Wanita yang bernama lengkap Raden Dewi Sartika adalah tokoh perintis pendidikan untuk kaum wanita yang diakui sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1966, oleh Google berubah menjadi nama jalan pedangdut Dewi Persik.

Perubahan nama Jalan Dewi Sartika di Kecamatan Bekasi Timur merupakan penghubung jalan protokol Mayor M Hasibuan dan Jalan Ir H Djuanda sudah sejak 30 Juli 2017 lalu terlihat pada layanan Google Maps yang diakses publik.

“Kita belum tahu alasan penggantian nama pahlawan perempuan asal Jawa Barat menjadi nama Dewi Persik. Saya baru dapat laporannya Sabtu 5 Agustus 2017. Hari itu juga saya kontak operator Google untuk meminta klarifikasi, namun belum direspons,” terang Titi, Senin 7 Agustus 2017.

Titi mengaku, klarifikasi yang tidak direspon google pihknya mengambil langkah dengan layangkan surat resmi ke operator Google terkait perubahan nama jalan tersebut.

“Kami ingin tahu alasannya seperti apa, sebab penamaan jalan di Kota Bekasi tidak bisa seenaknya diubah,” ucapnya.

Menurut Titi, perubahan nama disinyalir akibat tangan usil ‘hacker’. “Bisa jadi ada yang iseng, Tapi motifnya apa, saya belum tahu,” ujarnya.

Seperti terlihat di Google Maps memang terlihat perubahan nama Jalan Dewi Sartika yang bila diakses menjadi nama Dewi Persik, speerti terlihat dalam screenshot diatas saat berit ini diturunkan.[GHA/ISH]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *