Kapolri Percayakan Kapolda Metro pada Idham Azis

Irjen Pol M Irawan dan Irjen Pol Idham Azis.[DOK]

POSBEKASI.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mempercayakan jabatan Kapolda Metro Jaya kepada bekas anakbuahnya di Densus 88 Antiteror , Irjen Pol Idham Azis.

Pergantian Kapolda Metro Jaya dari Irjen Pol Mochammad Irawan yang akan menempati posisi barunya sebagai Asops (Asisten operasi) Polri. Sedangkan pengganti Irawan akan dijabat juniornya Irjen Pol Idham Azis yang kini menjabat sebagai Kadiv Propam Polri.

Pergantian perwira tingi di lingkuna Polri itu tertuang dalam surat telegram Kapolri No:ST/1768/VII/2017 tertngal 20 Juli 2017.

Posisi baru Asops yang akan ditempati Irawan adalah posisi seniornya Irjen Unggung Cahyono yang dimutasi menjadi Aslog Polri.

Sedangkn posisi Idham Azis akan ditempati Brigjen Pol Martuani Sormin yang kini menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

Selain itu, beberapa perwira tingi dan perwira menengah juga dimutasi di dalam surat telegram Kapolri sebanyak 51 orang.

Sekilas Profil Idham Azis

Irjen Pol Idham Azis, kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, 30 Januari 1963, menjabat Kadiv Propam sejak 23 September 2016 yang sebelumnya dijabat Irjen Pol M Iriawan.

Idham Azis yang banyak berkarir di bidang Reserse dan memiliki kemampuannya di bidang anti-terorisme membuat Kapolri mempercayakan Idham menjabat di Sulawesi Tengah, yang rawan dengan kelompok sipil bersenjata.

Idham, lulusan AKPOL 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan sebelumnya adalah Direktur Tipikor Bareskrim Polri.

Idham termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat cukup cepat saat tergabung dalam tim Bareskrim, dengan prestasi melumpuhkan teroris Dr. Azahari dan kelompoknya di Kota Batu, Jawa Timur, 9 November 2005.

Kasus menonjol yang pernah ditangani Idham adalah kasus Bom Bali II pada tahun 2005.

Idham mendapat penghargaan dari Kapolri saat itu, Jendral Pol Sutanto, bersama dengan para seniornya yakni, Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, serta Rycko Amelza Dahniel, dan kawan-kawan.[ISH]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *