RSUD Kota Bekasi Akan Bahas Jejaring Rujukan dengan RS Swasta

RSUD Kota Bekasi.[YAN]

RSUD Kota Bekasi.[YAN]

POSBEKASI.COM – Pemerintah Kota Bekasi akan memanggil seluruh pengelola rumah sakit swasta untuk membahas prosedur jejaring rujukan bagi pasien.

Saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi, tengah melakukan perbaikan sistem jejaring rujukan ke seluruh rumah sakit swasta.

“Sistem jejaring rujukan ini nantinya dapat menjadi solusi sekaligus antisipasi saling lempar pasien antarrumah sakit. Untuk itu akan dibahas untuk kesepakatan bersama, tidak hanya dari rumah sakit umum daerah ke rumah sakit swasta tapi juga antar rumah sakit swasta,” kata Direktur RSUD Kota Bekasi, Pusporini, Jumat 17 Februari 2017.

Menurutnya, pembahasan sistem jejaring rujukan sangat diperlukan karena pasien dengan kartu keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Kartu Bekasi Sehat, Surat Keterangan Tidak Mampu, juga jalur pribadi tidak tertampung di RSUD.

“90 persen di antaranya merupakan pasien BPJS, jumlah pasien yang datang lebih banyak dari kapasitas tamping sehingga diperlukan sistem rujukan ke rumah sakit swasta,” terangnya.

Sebelumnya, Walikota Bekasi Rahmat Effendi menginstruksikan semua pasien harus dapat dilayani dengan baik.

“Pak Wali menginstruksikan, tidak boleh ada pasien yang ditolak RSUD atau rumah sakit lain karena alasan ruangan penuh. Kalau ruang rawat penuh, siapkan brankar di selasar, yang penting pasien harus terlayani,” ujarnya.[ISH/BEN]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *