posbekasi.com

Warga Purwadana Siaga Banjir

Banjir Karawang.[IST]
Banjir Karawang.[IST]
POSBEKASI.COM – Banjir kembali melanda Kabupaten Karawang, warga Desa Purwadana bersiaga mengatasi banjir menyusul tingginya debit air Sungai Citarum dan Cibeet.

“Sejak siang warga sudah siaga, karena tinggi muka air sungai Cibeet dan Citarum sudah meningkat,” kata Endang Heryana, Kepala Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, di Karawang, Sabtu 19 Nopember 2016.

Daerah air Sungai Citarum meluap akibat besarnya kiriman air dari Sungai Cibeet. Bahkan pada Sabtu siang, air sudah masuk ke pemukiman warga.

Setelah dilakukan pendataan, terdapat 700 KK yang rumahnya kembali terendam di Dusun Sumedangan, Desa Purwadana, Telukjambe Timur pada Sabtu. Tetapi meski air luapan Sungai Citarum sudah masuk ke rumah, warga enggan mengungsi.

Masyarakat lebih memilih bertahan di rumahnya masing-masing sambil mengamankan barang-barang yang ada di rumah mereka.

Sementara itu, banjir telah melanda Dusun Pangasinan, Desa Karangliger, Kecamatan Telukjambe Barat. Di daerah itu, banjir terjadi akibat luapan sungai Cibeet.

Sejumlah warga korban banjir di sekitar Desa Karangligar menyebutkan banjir akibat Sungai Cibeet meluap sejak Sabtu dini hari.

“Banjir ini kiriman dari hulu Sungai Cibeet. Karena saat terjadi banjir, di daerah sekitar Desa Karangligar sama sekali tidak hujan,” kata Agus, salah seorang korban banjir di Dusun Pangasinan, Desa Karangligar.

Di sejumlah titik banjir, ketinggian air mencapai 30-70 centimeter. Banjir tidak hanya merendam rumah warga, tapi juga merendam jalan utama di daerah tersebut.[SWY]

BEKASI TOP