Ponpes Al Marhamah Berbagi Kurban Pada Warga Kampung Cimuning

Sapi kurban keluarga besar jamaah Ponpes Al Marhamah.[RAD]

Sapi kurban keluarga besar jamaah Ponpes Al Marhamah.[RAD]

POSBEKASI.COM – Keluarga besar jamaah Pondok Pesantren (Ponpes) Al Marhamah melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dibagikan pada warga sekitar Ponpes Jalan Betok RT02/RW05, Kampung Cimuning, Kelurahan Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Senin 12 September 2016.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban bertepatan dengan 10 Dzulhijjah ini dilakukan di halaman Masjid Khulafaur Rasyidin dan Rumah Tahfizhul Quran yang berada dilingkungan Ponpes Al Marhamah.

Ketua Yayasan Ponpes Al Marhamah, Ustadz H Subchansyah, yang memimpin penyembelihan satu ekor sapi dan empat ekor domba pada Hari Raya Idul Adha 1437 H ini mengatakan, makna berkurban sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim pada putranya Nabi Ismail terutama pada keikhlasan dan kesabaran.

Penyembelihan sapi kurban keluarga besar jamaah Ponpes Al Marhamah.[RAD]

Penyembelihan sapi kurban keluarga besar jamaah Ponpes Al Marhamah.[RAD]

“Idul Adha memberikan makna dan pengertian berupa nilai-nilai pengorbanan yang diangkat dari sejarah dan kisah nabi Ibrahim serta anaknya Ismail. Salah satu hikmah berkurban yaitu mampu menjaga fitrah tetap suci,” kata Ustadz Subchansya.

Hal ini dapat berarti bahwa seseorang tidak akan pernah sampai kepada ketaqwaan dan tidak akan memeroleh keimanan yang sejati apabila kecintaannya kepada dunia mengalahkan kecintaannya kepada Allah SWT dan Rasulnya.

Selain itu lanjut Ustadz Subchansyah, sesuai hadist Nabi Muhammad SAW, bahwa Rosul sangat mengecam umatnya yang telah berkecukupan tetapi tidak mau memberikan hewan kurban.

Domba kurban keluarga besar jamaah Ponpes Al Marhamah.[RAD]

Domba kurban keluarga besar jamaah Ponpes Al Marhamah.[RAD]

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad kata Ustad Subhansyah,”Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu dia tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami,”.

Dikatakannya, dengan berkurban memupuk jiwa sosial untuk berbagi kepada sesama. “Berkurban mengajarkan kepada umat muslim untuk meningkatkan rasa kemanusiaan kepada sesama manusia. Berkurban juga melatih agar peduli dengan kondisi sesama yang membutuhkan uluran tangan kasih sayang,” katanya.

Penyembelihan domba kurban keluarga besar jamaah Ponpes Al Marhamah.[RAD]

Penyembelihan domba kurban keluarga besar jamaah Ponpes Al Marhamah.[RAD]

Pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang seluruhnya dilaksanakan oleh keluarga besar jamaah Ponpes Almarhamah bersama para santri dan warga sekitar terlihat begitu akrab dan terjalinnya silaturahmi yang baik.

Sehingga, sejak dimulainya penyembelihan sampai pengaturan pembagian dan pendistribusian daging kurban berlangsung penuh kekeluargaan.

Hal ini juga terlihat pada kaum ibu-ibu yang dengan ikhlas membantu membuat masakan untuk makan bersama seluruh keluarga besar jamaah dengan santri dan warga sekitar yang membantu pelaksanaan penyembelihan kurban penuh dengan kekeluargaan.[RAD]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *