posbekasi.com

Empat Calon Haji Bekasi Ditunda Berangkat Karena Sakit

Keberangkatan calon jamaah haji.[IST]
Keberangkatan calon jamaah haji.[IST]
POSBEKASI.COM -Empat jamaah calon haji (JCH) asal Kota Bekasi, Jawa Barat, yang tergabung dalam kelompok terbang 17, tertunda keberangkatannya menuju Tanah Suci karena kendala kesehatan.

“Untuk Kota Bekasi ada empat orang yang tadi terdeteksi mengalami penyakit gagal cuci darah sebanyak tiga orang dan satu orang lagi penyakit kanker paru tidak basa diberangkatkan,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi Hasbialloh di Bekasi, Senin 15 Agustus 2016.

Para JCH itu diagendakan berangkat ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada Selasa 16 Agustus 2016 pukul 03.30 WIB sebelum diterbangkan ke Tanah Suci.

Saat empat JCH tersebut tiba di Asrama Haji Jabar Embarkasi Jakarta-Bekasi, Jalan Kemakmuran Kota Bekasi pukul 07.00 WIB langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatannya, diketahui ada risiko kesehatan sesuai dengan Peraturan Kemenkes Nomor 15 Tahun 2016,” katanya.

Peraturan tersebut pada Pasal 13 mengatur ada beberapa penyakit yang menyebabkan JCH tidak bisa diberangkatkan.

Di antaranya kangker paru stadium empat, gagal jantung stadium empat, penyakit struk, gangguan jiwa berat dan pelupa.

“Saya tidak bisa mempublikasikan identitas lengkap dari empat JCH tersebut karena khawatir menyinggung keluarganya. Namun mereka berasal dari Kelurahan Teluk Pucung dan Durenjaya Kecamatan Bekasi Timur,” katanya.

Hasbialloh mengatakan para calhaj yang ditunda keberangkatannya itu akan dialihkan keberangkatannya pada kloter akhir. “Itu pun bila potensi penyakit yang mereka derita sudah dalam kondisi aman,” katanya.[ANT/IMA]

BEKASI TOP