Neneng Akui Masih Kesulitan Bersihkan Sampah Kali

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.[RAD]

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.[RAD]

POSBEKASI.COM – Pemerintah Kabupaten Bekasi, mengakui kesulitan membersihkan Kali Cikarang Bekasi Laut dari sampah saat menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Situ Binong, Cikarang Pusat.

“Untuk melakukan pembersihan kali ini membutuhkan banyak tenaga dan biaya dikarenakan jumlah sampah yang mengendap di dasarnya sudah menumpuk terlalu banyak,” kata Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin di Kabupaten Bekasi, kemaren.

Menurutnya, dalam melakukannya tentu tidak bisa dilakukan sendiri, juga akan membutuhkan alat berat agar mudah untuk melakukannha.

Tetapi dalam peranannya diperlukan kesadaraan dari masyarakat sekitar pula. Ini dilakukan agar peran aktif masyarakat dan pemerintah kabupaten setempat menjadi berimbang.

Untuk itu pemerintah kabupaten setempat mengajak masyarakat sekitarnya menjaga kebersihan agar tercipta lingkungan nyaman dan indah. Cara-cara penanganan sampah ini diantaranya akan dibentuk unit usaha kecil guna mengolah sampah disekitar, dan juga pelatihan khusus pemanfaatannya.

Sampah yang ada di kali kebanyakan limbah rumah tangga yang sudah tidak terpakai. Limbah itu diantaranya, kasur bekas, kursi, plastik, bungkus makanan, dan enceng gondok. Oleh karena itu, akan dilakukan pengkajian tentang sampah yang dimaksudkan untuk mengolah sampah dari kali Cikarang Bekasi Laut menjadi barang dengan nilai jual tinggi.

Ini dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan kreatifitas masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan dalam hal membuat keindahan lingkungan.

Neneng mengimbau kepada pejabat setingkat kecamatan agarvsetiap dua inggu sekali melakukan kerj bakti betsama warga guna menjaga kelestarian lingkungan.[ANT/BES]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *