posbekasi.com

Pemko Bekasi Bangun Rumah Binaan Pengemis

Pengemis.[IST]
Pengemis.[IST]
POSBEKASI.COM – Pemerintah Kota Bekasi, akan membangun rumah pembinaan bagi kalangan pengemis dan gelandangan di Kecamatan Bantargebang.

“Saya meminta agar Dinas Sosial Kota Bekasi segera membangun rumah penampungan sementara gelandangan dan pengemis serta pekerja seks komersial dan waria,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, kemaren.

Menurut dia, fasilitas itu akan memberikan pelatihan dan keterampilan bagi para tamunya agar memiliki kemampuan dan manfaat di tengah masyarakat.

“Jangan hanya ditangkap lalu kemudian bebas keliaran lagi. Kami sedang mencari lokasi yang startegis karena Kantor Kementerian Sosial di Jalan Joyomartono, Bekasi Timur, sudah tidak bisa lagi menampung,” katanya.

Rahmat telah menginstruksikan jajarannya untuk membeli lahan di Kecamatan Bantargebang untuk penampungan rumah pembinaan.

“Bantargebang kayanya lokasi yang tepat karena lokasinya yang pas,” katanya.

Lokasi penampungan tersebut hanya bersifat sementara bagi semua kalangan yang terjaring razia penegakan peraturan daerah di sejumlah lokasi umum.

“Apabila mempunyai keluarga, yang bersangkutan akan dikembalikan atau dipulangkan kepada keluarganya,” katanya.

Namun, para gelandangan yang menderita gangguan jiwa rata-rata tidak diketahui identitas maupun keluarganya sehingga akan dipindahkan ke yayasan pemulihan gangguan jiwa.[ANT/BES]

BEKASI TOP